-->

PRONOUN

Pronoun (Kata Ganti) - Belajar Bahasa Bule

PRONOUN (Kata Ganti)

Definisi Pronoun dalam bahasa Inggris adalah kata ganti yang berfungsi untuk menghindari pengulangan kata benda maupun frase kata benda yang telah dibicarakan sebelumnya. Berikut adalah lima jenis Pronoun yang penting untuk dipelajari dan dihapal.

1). SUBJECTIVE PRONOUNS (Kata Ganti Subjek)

Berfungsi sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Letak subjek tersebut pada umumnya pada awal kalimat (pada kalimat positif).

I → saya, aku

They → mereka

We → kami, kita

You → kamu, kalian

She → ia, dia (pr)

He → ia, dia (lk)

It → ia, dia (untuk yang tidak disebutkan jenis kelaminnya/netral)

Misalnya: She is very beautiful

2). OBJECTIVE PRONOUNS (Kata Ganti Objek)

Merupakan kata ganti objek yang terletak pada posisi objek dalam sebuah kalimat. Kalau dalam kalimat verbal terlatak setelah kata kerjanya.

Me → saya. Aku, ku

Them → mereka

Us → kami, kita

You → kamu, kalian

Her → dia, nya (pr)

Him → dia, nya (lk)

It → dia, nya (netral)

Misalnya: I love her

3) POSSESSIVE ADJECTIVES (Kata Ganti Kepemilikan)

Possessive Adjective harus diikuti oleh kata benda atau frase kata benda, karena ia tidak bisa berdiri sendiri. Dan ia dapat berfungsi sebagai subjek mau pun objek dalam kalimat.

My → … saya, aku

Their → … mereka

Your → … kamu, mu, kalian

Our → … kami, kita

Her → … dia, nya (pr)

His → … dia, nya (lk)

Its → … dia, nya (netral)

Misalnya:

  • My hand is injured → tangan saya terluka
  • They steal my money → mereka mencuri uang saya

4). POSSESSIVE PRONOUNS (Kata Ganti Kepemilikan)

Possessive Pronouns memiliki fungsi yang sama dengan Possessive Adjective, tapi Possessive Pronoun tidak membutuhkan kata benda sesudahnya. Jadi ia dapat berdiri sendiri.

Mine → milik/punya saya, aku

Theirs → milik/punya mereka

Yours → milik/punya kamu, kalian

Ours → milik/punya kami, kita

Hers → milik/punya dia, nya (pr)

His → milik/punya dia, nya (lk)

Its → milik/punya dia, nya (netral)

Misal:

  • That red book is hers; this white book is mine → buku warna merah itu adalah miliknya; buku warna putih ini milik saya.

5). REFLEXIVE PRONOUNS (Kata Ganti Diri Sendiri)

Reflexive Pronoun merupakan kata ganti yang mencerminkan pada pelaku atau subjeknya sendiri. Jadi antara Subjective Pronouns dengan Reflexive Pronouns-nya harus sesuai/ sepadan. Letaknya boleh pada akhir kalimat mau pun langsung setelah subjeknya.

Myself → saya, aku sendiri

Themselves → mereka sendiri

Yourself/yourselves → kamu/kalian sendiri

Ourselves → kami, kita sendiri

Herself → dia (pr) sendiri

Himself → dia (lk) sendiri

Itself → dia (netral) sendiri

Misal:

  • I do this homework myself / I myself do this homework → saya sendiri yang mengerjakan pekerjaan rumah ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama